11 Mei 2009

bapak

bapak itu......


Malam itu, untuk ketiga kalinya saya sholat berjama’ah dengan bapak itu. Sepintas tidak ada yang spesial dari sosok bapak itu. Usia kira-kira awal 30 tahun, tidak seberapa tinggi, tidak gemuk,tidak juga kurus. Apa yang membuat saya menulis tentang beliau?

Beliau mengingatkan saya pada kisah Rasulullah. Suatu ketika Rasulullah sholat, ketika sujud, kedua cucu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, al Hasan dan al Husein bermain-main di punggung beliau. Beliau sujud sangat lama, sehingga para sahabat, setelah selesai sholat, bertanya-tanya, apakah ada wahyu yang turun? Ternyata bukan. Kasih sayang Rasulullah kepada kedua cucunya lah yang menyebabkan beliau tidak mengisyaratkan mereka untuk turun.

Begitu pula bapak ini. Ketika beliau sujud, salah seorang anaknya, usia kira-kira 1,5 tahun, gemuk, dan lucu, juga bermain-main di atas punggung beliau. Tiga kali saya sholat berjama’ah dengan beliau, tiga kali pula saya mengetahui kejadian yang sama. Tidaklah beliau marah kepada anaknya. Bahkan, dengan lembutnya, beliau setelah selesai sholat memangku, mengelus punggung, dan menciumi anaknya. Beliau juga mengajarkan anaknya gerakan sholat, dengan menunjukkan pada anaknya orang-orang yang sedang sholat sunnah rawatib. Sepintas saya mendengar bapak itu berkata pada anaknya, “Begitu lho Nak, cara bersedekap, rukuk, sujud.” Entah dengan anaknya, paham atau tidak, beliau tetap mengajari dengan sabar. Terenyuh hati saya melihat rangkaian kejadian tersebut.
Sekarang, bagaimana kita, terhadap bapak-bapak kita? Mungkin kita juga pernah menjadi anak kecil 1,5 tahun itu, dan bapak kita adalah bapak anak itu. Maka berterima kasihlah kita, bersyukurlah kita masih memiliki bapak yang menyayangi kita. Doakanlah selalu beliau agar senantiasa dalam kasih sayang Allah subhanahu wa ta’ala.

(tulisan ini saya dedikasikan kepada Bapakku[maaf Pak, saya belum bisa menjadi anak yang selalu kau banggakan] , bapak anak kecil itu di Masjid Al Fadli-RSI Faisal, bapak-bapak di manapun Anda berada, para calon bapak, dan para pemuda yang ingin menjemput sebutan “bapak”)

0 komentar:

Posting Komentar