08 Mei 2009

ternyata kita lebih kecil

do not shun the aid of even the lowest and despicable people

Kalimat tersebut saya kutip dari buku (e-book, tepatnya) Secrets of The Ninja, dari Ashida Kim, terbitan DOJOpress.
Kalimat tersebut sebenarnya bukan dari Ashida Kim sendiri, tetapi dari seorang Cina, Sun-Tzu. Ya, Anda pasti lebih tahu siapa Sun-Tzu bukan?

Sempat saya bingung dalam mengartikan kalimat tersebut. Maklumlah, Bahasa Inggris saya tidak begitu bagus. Akhirnya dengan banyak bantuan software Kamus 2.03, ketemu juga artinya, alias terjemahan bebasnya.

"Jangan meremehkan bantuan, bahkan dari orang paling rendah, dan paling hina."

Ah, nasihat yang bagus bukan?
Saya sendiri juga heran, mengapa kebanyakan orang (semoga tidak termasuk Anda) selalu meremehkan orang yang kedudukan sosialnya lebih rendah dari mereka?
Apakah mereka tidak ingat, siapa yang mengumandangkan adzan pertama kali? Ya, Shahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, Bilal radhiyallahu 'anhu. Siapakah beliau? Ya, beliau memang budak hitam dari negeri Habasyah (sekarang Ethiopia atau Somalia ya? Ah, saya lupa). Namun, kedudukan beliau di hadapan Allah 'azza wa jalla, pasti jauh lebih tinggi dari para pembesar Quraisy.

Sekarang, lihatlah sekeliling, mampukah kita membersihkan jalan raya sendirian, tanpa jasa bapak-ibu penyapu jalan, atau sudikah kita bergelut dengan sampah nan menyengat di rumah kita?
Banyak saudara kita, yang status sosialnya, bisa jadi, lebih rendah dari kita, tapi justru berjasa kepada kita.
Kalau kata Yudi Susanto, teman saya ketika kuliah, "hikmah bertebaran di mana-mana. Hanya, kita tidak melihat karena kita membuta. Lihatlah bebek, mereka dekil, jorok, tapi menurut pada peternak, bahkan dagingnya enak."

Bukankah Sang Maha Kuasa tidak menilai kita dari status sosial?
Bukankah Dia menilai kita dari ketaqwaan kita?

Lalu, mengapa kita masih "mengecilkan" peran "orang kecil"?

1 komentar:

Jual CROCS Murah mengatakan...

kita semua sama... jangan melihat dari harta dan jabatan....
orang yg kita anggap rendah, mungkin lebih mulia drpd kita....

Posting Komentar